Jumat, 05 Oktober 2012

TUGAS 1 (ETIKA PROFESI AKUNTANSI)


Cara Membuat Artikel :

1.      Pengamatan media.

Pertama-tama kita amati rubrik apa saja yang ada dimedia itu. Kemudian kemudian jika tertarik pada salah satu rubrik, maka terlebih dahulu baca-baca beberapa tulisa yang biasa dimuat di rubrik itu. Yang kita amati adalah tema, judul, cara penyampaian, panjang tulisan, dan bahasa yang digunakan.

2.      Mencari ide

Ide-ide bias muncul dari bacaan, bias dari tontonan, bias dari obrolan, bias dari info, bias dari radio, dari pengamatan dan dari semua arah.

3.      Menguji ide

Apakah ide ini aktual ?
Sanggupkah untuk menulisnya ?
Bermanfaat atau tidak bagi orang lain ?
Melanggar syari’at atau tidak ??
Apakah sudah pernah dibahas oleh orang lain ?

4.      Membuat judul sementara

Judul sementara berfungsi sebagai pengarah agar tulisa tidak melebar ke mana-mana. Judul sementara biasanya berisi hal-hal yang akan di bahas terkait dengan tema yang akan ditulis.

5.      Mencari dan membaca referensi

Referensi bias berupa apa saja. Referensi bias berupa buku, majalah, maupun artikel. Referensi juga bias di cari diperpustakaan atau internet.

6.      Menulis

Ketika kita mendapatkan ide untuk menulis tentang tema tertentu, kita langsung membaca referensi yang terkait dengan tema itu. Setelah membaca, baru kita tuliskan dengan bahasa kita sendiri.

7.      Mengedit

Ketika artikel sudah selesai ditulis, walaupun belum pasti, maka yang harus dilakukan kemudian adalah membaca lagi dari awal. Sambil membaca, bila ada huruf yang kurang maka kita tambah. Bila ada paragraf yang kita pikir tidak nyambung dengan judul atau tema maka  diperbaiki. Dan bila ada yang ingin kita hapus ya dihapus. Pokonya kita berusaha membuat artikel yang menarik dan bahasanya mudah untuk dimengerti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar